Be Honest and Professional

Sebenarnya tulisan ini sudah ditulis di http://bossgahutagalung.tumblr.com . Tetapi saya perbanyak ke blog wordpress saya ini.

Telah saya pelajari dari sekian banyak cerita sejarah di berbagai dunia bahwa tak satupun pemimpin yang berhasil jadi pemimpin yang baik kalau ia tidak profesional dan jujur. Mengapa? selain keahlian dan kepintaran, kedua hal dibawah ini diperlukan jika kita ingin menjadi manusia yang lebih baik.

1. Kejujuran: seorang pemimpin sejati tidak akan membiarkan rakyatnya menderita, ia akan merangkul rakyatnya ke arah yang lebih baik. Ia tidak akan pernah KKN, pilih kasih, apalagi tunduk pada bangsa asing. Seorang pemimpin yang jujur secara langsung atau tidak akan membawa bangsa ‘keatas langit’. Apa sih halangan kita untuk tidak jujur? 98% manusia akan mengatakan uang, dan sisanya adalah keinginan terhadap kekuasaan. Satu hal,seorang yang jujur akan dipandang baik oleh masyarakatnya. Meskipun awalnya pahit, tapi pada akhirnya rakyat menghormati kita.

2. Profesional: tidak bisa hanya jujur dalam memimpin, karena kita juga harus profesional. Seorang pemimpin profesional akan dapat memilah kapan ia akan bertindak, dimana dia akan melangkah. Ia akan memikirkan konsekuensi dalam menghadapi sesuatu. Ia bukan orang yang mudah terjebak oleh situasi dan selalu berpikir 1000 kali sebelum bergerak. Seorang pemimpin yang profesional akan menentukan pilihan yang terbaik dari yang terbaik untuk rakyat. Ia juga tahu dimana ia harus marah, dimana ia harus bercanda, dan dimana dia harus bersedih.

Sebenarnya, Tak perlu menjadi pemimpin untuk dapat jujur dan profesional, karena dalam kehidupan kita sehari-hari pun kita harus jujur dan profesional sehingga orang lain akan menghormati kita sebagai sesorang yang diakui dalam hidupnya.

“Be honest and professional!” (bossga)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s