G30S – PKI Bersalah atau Disalahkan?

Melihat postingan saya sebelumnya, saya hanya ingin sekedar mengingatkan tentang bagaimana PKI dianggap partai yang paling hina sejak pasca G 30 S sampai saat ini.

PKI adalah Partai Komunis Indonesia yang sudah terbentuk jauh sebelum Indonesia merdeka. Serba-serbi pemberontakan PKI menyebabkan banyak masyarakat bahkan pemerintah pada zaman itu kerepotan. Tetapi jika kita telusur kedalam peristiwa G 30 S, yang menjadi titik awal kebencian rakyat terhadap PKI, apakah benar semuanya adalah salah PKI yang dituduh telah membunuh para Jendral pada malam 1 Oktober oleh LetJend. Soeharto?

Ya, sejak saat itulah Partai ini sudah mulai goyah keberadaannya di Indonesia hingga akhirnya dibubarkan sehari setelah Surat yang Kontroversial Supersemar dikeluarkan (artikel Supersemar dapat ditinjau lebih lanjut pada postingan blog ini).

Ketika Orde Baru berkuasa menggantikan Orde Lama, PKI dicap sebagai “sesuatu yang lebih jahat dari apapun, bahkan lebih jahat daripada pembunuhan”. Orang yang eks PKI, atau ormas-ormas yang bernaung di bawah PKI, atau bahkan yang di PKI-kan akan dikucilkan dan dimusuhi oleh masyarakat, karena PKI dianggap penjahat yang bringas lebih dari apapun.

Itulah kilas singkat yang dapat mengingatkan kita, bahwa persoalan tentang status PKI sampai saat ini belum pudar. Bahkan kebenaran kisah G30S/PKI yang dikarang oleh Orde Baru sampai saat ini masih lekat.

Saatnya kita menelusuri kebenaran, apakah PKI Bersalah atau Disalahkan dalam kasus G30S?

“Jangan sekali-kali kita meninggalkan Sejarah. Tanpa Sejarah, tidak akan ada namanya hari esok!” (bossga)

4 pemikiran pada “G30S – PKI Bersalah atau Disalahkan?

  1. kalau memang mau tahu yg sebenarnya kita sendiri tahu itu sebetulnya kudeta Angkatan Darat dibelakangnya CIA krn PKI cuma jadi kambing hitam

    1. ya memang betul dikala PKI membentuk angkatan kelima, Angkatan tersebut membantai rakyat. Saya sangat setuju hal tsb. Namun perlu dicermati, yang saya tulis dalam artikel ini konteks nya sedang membicarakan pelaku dari Gerakan 30 September. Karena bagaimanapun juga, pelaku dari G 30 S menurut versi pemerintah ialah PKI. namun lebih dari pada itu, dalam kasus ini, apakah PKI dijadikan kambing hitam oleh Soeharto atau memang dia yg memang menjadi pelakunya sampai kini masih kontroversi.

  2. G30S/PKI…Jujur waktu kecil saya takut mendengar nama ini…sampe skrg umur 33 thn…ketakutan itu berubah jadi kepanasaran akan fakta yg sebenarnya,dari berbagai wacana yg saya baca..saya beropini,dlam G30S/PKI Yang bersalah adalah oknum PKI(Bukan partai dan semua anggota partai)ditambah ketika para oknum ini mau membuat kekacauan dengan membunuh para jendral(bukannya menghadapkan ke presiden soekarno)dan yg paling fatal mereka tdak menyadari adanya oknum(aktor)yg lebih hebat dr mereka(soeharto)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s