Apa itu Freedom?

Berikut adalah sebuah karya saya yang dimuat dalam majalah sekolah SMAK Mater Dei, “Graffitti” edisi Juli 2011..

Tema kita kali ini adalah FREEDOM. Kita sering mendengar di kalangan remaja tentang kata “freedom”. Sebenarnya, kita ngerti gak sih apa arti dari freedom itu? Dan bagaimana cara kita mengekspresikan freedom itu? Berikut adalah beberapa arti “FREEDOM”:

#1 Freedom is Bebas

Kalangan remaja Indonesia pasti sering menyuarakan kata ‘bebas’. Kebebasan yakni sebuah kondisi dimana manusia memiliki kemampuan untuk bertindak sesuai dengan keinginannya, tanpa ada hambatan atau kekangan. Bebas berekspresi, bebas bertingkah laku, bebas melakukan sesuatu yang kita suka tanpa ada yang melarang, dsb adalah beberapa contoh dari pendeskripsian kata bebas.

#2 Freedom is not Bebas!

Maunya penulis apa sih nulis begini? Yak, Freedom bukan berarti kita bertindak sebebas mungkin. Kita harus mempunyai etika dalam mengekspresikan kebebasan. Kebebasan juga ada batasnya. Karena kalau kita kelewat bebas, kita bisa menjadi anak yang bengal dan suka melawan orang tua, pergaulan bebas (tawuran, freesex, kecanduan narkoba). Bahkan yang lebih parah, kita tidak bisa lagi mengendalikan diri kita karena terlanjur bebas. Tapi penulis yakin bahwa anak Mater Dei tidak mungkin salah mengartikan kata bebas.

“Kita sebagai remaja Indonesia harus bersikap kritis terhadap masalah ini. “Bebas” bukanlah arti sesungguhnya dari kata freedom karena kebebasan itu sendiri mempunyai batasan-batasan yang tidak boleh kita lupakan.”

Kata bebas disini lebih diartikan kepada bebas berbicara, bebas mengekspresikan kreatifitas kita dalam hal positif. Bukanlah sebaliknya, bebas mencela orang tua, bebas tidak belajar,  hingga bebas bergaul.

Guys, bertanggung jawablah terhadap kebebasan yang telah diberikan Tuhan kepada kalian. Kalian masih diberi kebebasan untuk hidup dan melakukan sesuatu. Jadikanlah itu menjadi sebuah prestasi. Misalkan, Tuhan telah memberi kalian kebebasan untuk mempunyai kemampuan berekspresi, maka jadikanlah apa yang kalian ekspresikan berguna bagi semua orang. Kita ambil satu hal, jika kalian pandai memainkan alat musik yang sangat indah didengar orang, maka teruslah memacu kreatifitas untuk membuat lagu-lagu yang indah didengar.

So, Buatlah kebebasan menjadi wujud perilaku kalian sehari-hari untuk membanggakan orang tua dan teman-teman kalian. (Bossga/Red)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s