Pendidikan yang Sesuai Bagi Pelajar

MERDEKA! Akhirnya setelah malam yang panjang, saya kembali lagi menulis di blog ini. Entah sudah berapa lama saya tidak menulis. Hal itu dikarenakan kesibukan saya yang sangat padat. Belum lagi banyak tugas yang diberikan kepada saya. Dengan alasan tersebut, maka saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Terlepas dari kasus-kasus politik di Indonesia, dimana hukum dapat direkayasa demi kepentingan politik segelintir orang, seperti kasus partai penguasa, maka baiklah kita menoleh sedikit ke dunia pendidikan di Indonesia. Bukan saya bersikap masa bodoh dengan kasus kasus yang belakangan terjadi, tetapi menurut saya buat apa hal tersebut dikomentari karena telinga mereka sudah disumbat. Indonesia sudah terlalu rusak karena mata wakil-wakil nya yang sudah buta dengan uang.

Artikel ini diadaptasi dari hasil wawancara seorang siswi terhadap gurunya yang dimuat dalam Kompas, 13 Maret 1995 yang berjudul “Pendidikan dan Otak Anak Indonesia”

Belakangan ini muncul opini orang tua murid yang melihat cara dan materi pendidikan para pelajar tingkat dasar-menengah tidak sesuai dengan tujuan pendidikan.Materi yang terlalu banyak memberatkan pelajar telah menimbulkan berbagai kasus yang berhubungan dengan perkembangan psikologis mereka. Banyak kejadian dimana anak anak muntah ketika menginjakkan kaki di kelas, dan menangis histeris saat pelajaran berlangsung. Semuanya ini harus menjadi perhatian setiap guru agar tidak terlalu membebani kemampuan anak yang juga masih butuh waktu untuk bermain.

Para pelajar harusnya mendapat cara belajar yang tepat. Cara belajar yang jarang menggunakan dialog dinilai kurang mengangkat potensi kreatifitas siswa. Karena anak hanya menerima pelajarasn secara pasif dan tidak dibiasakan berlatih dengan kemampuannya sendiri.

Para guru juga seharusnya memberi materi pelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan usia anak. Jangan sampai anak diberikan materi yang bukan usianya, seperti yang terjadi di beberapa daerah, dimana anak TK harus menghafalkan Salam Pramuka. Padahal seharusnya anak anak TK diberikan pelajaran yang santai, mudah, dan menyenangkan, seperti bernyanyi. Para guru juga seharusnya sadar bahwa adakalanya dimana ketika siswa salah menjawab pertanyaan yang diberikan guru, guru harus memberi tuntunan dengan memberi tahu jawaban yang benar secara baik. Bukannya malah dimarahi. Karena jika anak dimarahi, perkembangan psikologis anak menjadi terganggu karena tekanan mental.

Pak Sulaiman, guru Bahasa dan Sastra Indonesia mengatakan bahwa model pendidikan yang sesuai untuk otak anak adalah pendidikan yang tidak terlalu banyak teori, tetapi menekankan pengalaman belajar di lapangan. hal tersebut dinilai dapat memberi manfaat nyata daripada cuma sekedar menghafal.

Adanya sistem peringkat di sekolah juga berpengaruh sangat besar terhadap

prestasi dan kondisi psikologis anak. Orang tua yang ambisius selalu menggenjot anaknya untuk belajar demi mendapatkan peringkat terbaik. Namun tanpa mereka sadari, sebenarnya kegiatan ini justru akan semakin banyak menyita waktu luang anak sehingga kecerdasan anak akan menurun. Di samping itu, anak

anak yang sebenarnya unggul di pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa akan menjadi sangat frustasi apabila mengetahui teman sekelasnya mendapat peringkat lebih baik. Padahal temannya tersebut kurang menguasai pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa.

Oleh sebab itu, semoga keluhan-keluhan para siswa saat ini dapat menyadarkan para guru dan orang tua murid dalam mendidik anak-anak dengan cara yang benar sehingga dapat berkembang dengan sehat.

“Agar kelak mereka bukanlah menjadi penerus bangsa yang hanya ‘meneruskan’ perilaku pendahulunya, tetapi justru mengubah bangsa ini menuju puncak kejayaan. “(Bossga)

Salam Kemerdekaan #66thn

MERDEKA!!!

6 pemikiran pada “Pendidikan yang Sesuai Bagi Pelajar

  1. Agar kelak mereka bukanlah menjadi penerus bangsa yang hanya ‘meneruskan’ perilaku pendahulunya, tetapi justru mengubah bangsa ini menuju puncak kejayaan. “(Bossga)..kata2 motifasi yang sangat bagus…semoga perjuangan mereka (para pejuang) g sia2…

  2. Artikel menarik dan blog yang sangat edukatif plus bermanfaat..pokoknya T O P deh…
    Saya Kak Zepe…Salam Kenal…
    Saya juga punya tisp pendidikan kreatif…
    banyak lagu anak yang bisa dipakai untuk gerak
    dan lagu..dan masih banyak lagu anak-anak lainnya..
    Lagu2 saya sudah banyak dpakai di TK dan PAUD seluruh Indonesia..
    Mari berkunjung di blog saya
    Di http://lagu2anak.blogspot.com
    Kalau mau bertukar link, silakan lho…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s